Multicursor - Working In Background
Selamat Datang... blog ini hanya ingin berbagi ilmu dan sharing pengetahuan dan informasi bersama....

POLA HIDUP SEHAT


1.PENGERTIAN
Pengertian hidup sehat, secara umum hidup sehat diartikan sebagai hidup yang terbebas dari segala problem baik masalah rohani (mental) maupun jasmani (fisik).
A.   Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah keseimbangan antara zat-zat penting yang terkandung di dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang harus makan makanan dan minum minuman yang mengandung tiga zat gizi utama yang cukup jumlahnya, baik zat tenaga, zat pembangun maupun zat pengatur. Tidak seimbang ataupun kurang asupan gizi akan dapat mempengaruhi tubuh seseorang.
1. Sumber Tenaga
Zat sumber pembangkit tenaga dalam tubuh bisa kita dapatkan dari padi-padian, tepung-tepungan, umbi-umbian, dan lain sebagainya. Berfungsi sebagai pemberi energi / tenaga untuk kegiatan hidup manusia.
2. Zat Pengatur
Zat pengatur dalam tubuh bisa kita dapatkan dari sayur-mayur dan buah-buahan. Fungsi utama dari zat pembangun adalah untuk memberi tubuh perlindungan maksimal terhadap serangan penyakit.
3 Zat Pembangun
Zat pembangun di dalam tubuh bisa kita dapatkan dari protein hewani dan nabati seperti kacang-kacangan, susu, keyu, yoghurt, dan lain-lain. Zat pembangun sangat berguna untuk meregenerasi sel-sel yang mati agar bisa berganti dengan yang baru
B.   Istirahat yang Sehat

Dalam satu hari, jantung kita berdetak sebanyak 100.000 kali, darah kita mengalir melalui 17 juta mil arteri, urat darah halus dan juga pembuluh-pembuluh darah. Kita berbicara sebanyak 4.000 kata, bernafas sebanyak 20.000 kali, menggerakkan otot-otot besar sebanyak 750 kali, dan mengoperasikan 14 milyar sel otak. Manusia membutuhkan istirahat.
Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya. Berjalan di udara segar, bermain tenis, menjernihkan pikiran, semuanya dapat menenangkan otot-otot. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh seseorang pada saat ini sangat melelahkan, umat manusia berjuang/berusaha keras untuk bekerja. Kita semua membutuhkan istirahat untuk melawan segala kepenatan.
Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita itdur dengan tenang (tanpa beban)
Salah satu hormon yang penting lainnya adolah Kortisol, dimana waktu produksi terfingginya adalah dari waktu tengah malam hingga di waktu pagi (pagi-pagi sekali). Kortisol memainkan peranan yang besar dalam membantu kita menghadapi stress/tekanan yang kita hadapi setiap hari, mengurangi rasa penat dan peradangan. Bila manusia tidur terlambat, mereka membatasi kemampuan tubuh untuk menangani segala kegiatan dan mengurangi tenaga dan vitalitas pada keesokan harinya


C. Olahraga Teratur

Apakah anda ingin tampil lebih menarik, badan yang bugar atau ingin hidup lebih sehat? Anda tidak membutuhkan kosmetik mahal atau pil ajaib. Pribadi yang sehat dan kuat dapat anda capai cukup dengan olahraga yang teratur. Tidak perlu olahraga berat dimana anda berkeringat berjam-jam mengangkat beban atau aerobik berat; olahraga ringan dan mudah seperti berjalan kaki dan peregangan pun dapat membantu. Yang anda butuhkan hanya dedikasi untuk meluangkan sedikit waktu dari kehidupan anda yang padat untuk menggerakkan tubuh anda dan tak lama anda akan merasakan manfaat yang diberikan oleh olahraga teratur. Beberapa manfaat olahraga yang teratur adalah:
  • Membantu menjaga berat badan. Semua orang tahu bahwa olahraga teratur membakar kalori dan bila anda membakar kalori berarti berat tubuh anda berkurang. Bahkan berjalan satu kilometer setiap hari berarti anda telah membakar 50 kalori. Anda akan terlihat segar dan cerah karena olahraga juga melancarkan sirkulasi darah anda.
  • Mencerahkan suasana hati Anda. Saat anda berolahraga, badan anda mengeluarkan endorphin, zat yang membuat kita lebih bahagia dan relaks. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga mengurangi depresi dan kegelisahan.
  • Mencegah Anda mudah sakit Olahraga teratur memiliki kemampuan meningkatkan ketahanan tubuh. Sistem ketahanan tubuh yang baik berarti memperkecil kemungkinan anda terkena pilek atau virus ringan lainnya.
  • Memberikan tulang dan sendi yang kuat Olahraga penguatan dan peregangan seperti mengangkat beban ringan dan yoga dapat menambah massa tulang, sehingga mengurangi kemungkinan anda terkena osteroporsis saat berusia lanjut, dan menambah fleksibilitas sendi.
  • Membantu Anda relaks Lima sampai enam jam sesudah anda berolahraga, suhu tubuh menurun. Efek ini, dikombinasi dengan efek endorphin yang didapat dari olahraga, dapat membantu anda tidur lebih pulas. Tidur yang baik dan lelap menyegarkan anda keesokan harinya.




2. PENGARUH KESEHATAN JASMANI DALAMBELAJAR

     Kesehatan jasmani mempunyai pengaruh penting terhadap prestasi belajar siswa. Kondisi jasmani yang dimaksud di sini meliputi kesehatan fisik yang akan memberikan hasil yang baik. Sebaliknya apabila kita belajar dalam keadaan sakit maka prestasi yang kita capai akan rendah.
  
      Dijelaskan oleh H. Djaali bahwa: ”Kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar. Apabila orang selalu sakit (sakit kepala, pilek, deman) mengakibatkan tidak bergairahnya belajar dan secara psikologi sering mengalami gangguan pikiran dan perasaan kecewa karena konflik” (H. Djaali, 2008:99).
  
   Sama halnya dengan kesehatan jasmani, kondisi panca indra juga harus dalam keadaan baik sehingga pencapaian prestasi belajar dapat diperoleh secara maksimal, jika dibandingkan kalau kita belajar dengan alat indera yang tidak berfungsi secara maksimal. Seorang ahli lain juga menjelaskan bahwa: ”Keadaan cacat tubuh juga mempengaruhi belajar. Siswa yang cacat belajarnya juga terganggu. Jika hal ini terjadi, hendaknya ia belajar pada lembaga pendidikan khusus atau diusahakan alat bantu agar dapat menghindari atau mengurangi pengaruh kecacatannya itu”, (Slameto, 2010:55).
      
  Dengan demikian, kondisi kesehatan jasmani dan ketidakharmonisan alat-alat indera dapat menimbulkan gangguan-gangguan yang ada dalam proses belajar, maka dengan sendirinya akan berpengaruh terhadap hasil yang dicapai yaitu prestasi belajar.


3. Upaya Menjaga Tubuh Tetap Sehat Dengan Pola Hidup Sehat

1
. Menghindar / Berhenti Dari Kebiasaan Bodoh Yang Menjijikkan

Kegiatan bodoh yang bagi sebagian orang disangka / dianggap sebagai kegiatan yang keren, macho dan gaul adalah seperti merokok, minum minuman keras, menggunakan obat-obatan terlarang / narkotika / zat additif lainnya yang menyebabkan kecanduan.

Bayangkan saja jika sudah terkena salah satu aktifitas bodoh di atas maka seseorang bisa mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang candu tersebut, untuk biaya berobat di masa depan, membuang banyak waktu untuk membeli dan mengkonsumsi barang-barang haram tersebut.

Menggunakan barang menjijikkan tersebut tentu saja menambah dosa kita berlipat ganda karena dampak / efeknya tidak hanya kita saja yang merasakan, namun juga orang lain seperti orang tua, teman, keluarga, pacar, dan lain sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

radiatul-smansev Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger